Hujan

Minggu, 02 Juni 2019

Berbagi Takjil Berbagi Kebaikan

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

***

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa dan bulan penuh kebaikan. Bahkan, kita 'diam' dan tidur saja ketika sedang berpuasa sudah dihitung sebuah kebaikan berpahala, apalagi jika kemudian kita melakukan hal-hal istimewa dan penuh kebaikan. Yes, Gaes.. sayang sekali kan jika momen Ramadhan kita harus sama dengan bulan-bulan yang lainnya. Oh.. oke oke, memang sih berbuat kebaikan tidak harus menanti Ramadhan ya, etapi maksudnya adalah sebaiknya kita berbuat sangat baik di bulan Ramadhan (melebihi bulan-bulan yang lainnya) karena di bulan ini Allah melipatgandakan pahala, menjanjikan surga, dan berbagai hal istimewa hanya ada di bulan Ramadhan; misalnya puasa.

Berpuasa merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam yang beriman. Orang yang berpuasa dia harus mengendalikan diri dari hal hal yang membatalkan puasa dan hal hal yang membuat puasa sia sia karena hanya haus dan lapar saja. Balasannya? Tentunya Allah lah yang akan membalasnya dengan segera. Yang bisa dirasakan orang yang berpuasa secara langsung adalah kebahagiaan. Disebutkan bahwa ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa; yakni saat ia berbuka puasa dan saat kelak ia akan bertemu Tuhannya di hari akhir. Nah, dari hadits tersebut menandakan bahwa kebahagiaan akan dirasakan oleh orang yang berpuasa ketika ia berbuka puasa. Ketika sudah sehari penuh seorang yang berpuasa menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal lain yang membatalkan puasa, maka saat azan maghrib berkumandang menandakan bahwa ia berhasil melaluinya. Apa yang bisa dilakukan seseorang di waktu itu? Yes, salah satunya adalah menyediakan free takjil bagi seorang yang berpuasa yang belum tiba di rumah hingga maghrib tiba.

Berbagi takjil merupakan agenda rutin di madrasah tempat sy mengabdi. Momen tersebut dilakukan di hari terakhir masuk sekolah sekaligus menutup serangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan yang berlangsung selama satu minggu. Meskipun bukan sy pribadi yang melakukannya, namun ada bahagia ketika kami bersama anak-anak (Osis) melakukannya bersama. Melihat mereka menumbuhkan karakter bekerja sama dan dermawan kepada sesama adalah bonus dari kebahagiaan lain di hari tersebut.

Meskipun hanya segelas es buah dan tiga butir kurma, namun acara berbagi takjil menjadi bermakna. Ada tawa anak-anak dan ada respon suka dari para penerima takjil tersebut. Mereka seakan tidak terganggu karena ada anak-anak yang menghentikan di tengah jalan. Alhasil, sekitar 400 paket free takjil alhamdulillah bisa terbagikan dalam waktu satu jam saja.

Ya, ada kebaikan dalam tiap takjil yang diterima. Kebaikan yang teraduk dalam paket takjil tersebut ketika anak-anak menyiapkannya.  Momen berbagi takjil itulah yang begitu berkesan saat Ramadhan kali ini. Setelahnya, kami para dewan guru dan staf satu yayasan dan anak-anak Osis kemudian berbuka bersama. Meskipun acara tidak berlanjut hingga tarawih bersama, namun tali silaturrahim tak terasa semakin erat saja. Lebih jauh yang terasa adalah ikatan batin kami semakin kuat dan merasa menjadi saudara dengan rekan kami satu yayasan.

Well, sebenarnya hampir setiap momen dalam bulan Ramadhan adalah mengesankan. Bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur, mengajari Mas Farhan sahur, mengajari Mas Farhan salat berjamaah, membiasakan tilawah, menyiapkan sajian berbuka, berburu persiapan lebaran, membuat kue lebaran, menjelaskan tentang zakat fitrah kepada Mas Farhan, mengajak Mas Farhan dan Mas Fatan salat tarawih, dll yang terkadang juga membuat godaan berpuasa semakin besar karena semua hal tadi ternyata belum berjalan mulus. Hehe.. apalagi yang tentang mengajari Mas Farhan yang begitu banyak pertanyaan dan jawaban.

But everything's okay, Mom. Let's try. Trial and error are possible but successfull is more possible, right!

*tulisan ini diikutkan dalam blog challenge bersama #bloggerperempuan dalam #30HariKebaikanBPN

#RamadhanHari ke 28

~from Rumah Teduh with Luv

0 komentar:

Posting Komentar

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!