Hujan

Minggu, 26 Mei 2019

Ketika Saya Online di Bulan Ramadhan


Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

***

Mom, masih online kan saat puasa di bulan Ramadhan kali ini? Hihihi... pasti iyes, lah. Mommy milenial kan ya kan yaaaa :) Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa yang kebaikannya akan dibalas dengan pahala berlipat ganda. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan yang seharusnya dipenuhi dengan ibadah yang istiqomah.


Nah, kalau kita termasuk umat Islam yang ingin mencari kebaikan dan keberkahan di bulan Ramadhan sekaligus masih tetap online di saat berpuasa, maka sebisa mungkin kita harus membuat online kita pun baik dan berkah di bulan Ramadhan ini ya.. siapa tahu kemudian kita online pun termasuk ibadah. :) Ah, Mommy pasti tahu caranya, dong!

Hampir semua Mommy-mommy zaman now pasti sudah ditemani ponsel cerdas di kehidupannya sehari-hari. Entah untuk keperluan profit atau non profit. Entah untuk fulltime mother atau working mother. Dan entah masih sudah lunas atau belum smartphone nya itu *hihihi..becanda yang ini! Jadi intinya, setiap Mommy zaman now pasti bisa online setiapa hari saat senggang maupun sibuk. Iya, kadang pengalaman sy itu seperti itu, online di sela sibuk. Kebayang, dong, bagaimana rempongnya 'nyuri' waktu buat sekadar buka aplikasi ini itu.
Well, aplikasi ini itu yang hampir sy buka setiap hari tu banyak bingit, lhoh, Mom.

Berikut ini paling tidak 10 Aplikasi yang seakan istiqomah sy pergunakan setiap hari (eh, kecuali telepon dan sms sihh yang kondisional menggunakannya)
Ini blogger yang versi mobile, ya, Mom. Bisa dibuka saat offline juga. Aplikasi blogger ini sy buka setiap hari apalagi selama ikut blog challenge. Sy bahkan bisa membukanya lebih dari lima kali sehari. Hihi, rajin bingit. Di blogger ini sy punya dua blog; satu blog umum untuk berbagai tulisan sy yang isinya bermacam-macam hal dan satunya lagi untuk yang berkaitan dengan kehidupan pernikahan (eheemmmm), btw, di sini banyak tersimpan catatan sy yang tak terposting, lhoh.. hihi.. jadi kayak buku diary gitu, Mom. Isinua curhat unfaedah daripada sy pendam sendiri.

2. Chrome
Ehmm.. sebenarnya ada dua aplikasi search engine sih di hape sy. Cuman entahlah, sy lebih sering menggunakan yang chrome ini karena bisa membuka beberapa tab dalam satu kali memakainya (eh.. paham gak sih maksud sy?) Hihi.. yang jelaa sy internetan di chrome ini rasanya seperti internetan di laptop. Di chrome ini sy biasanya mencari referensi untuk banyak hal; bahan tulisan, resep makanan, tips ini itu, atau info terkini yang lagi up to date. Hehe.. sok kekinian ah sy!

Nahhhhh.. yang ini malah hampir tiap waktu buka fb, buka hp buka fb, buka hp buka fb.. begitu seterusnya *haha..maruk! Di facebook sy bisa berinteraksi dengan teman-teman yang jauh di sana, saling like dan comment, sy sih jarang nyetatus, jadi lebih sering diam diam stalking *ah!* sering scrolldown membaca berita terkini di facebook. Ehh.. malah sy kadang tahu info tuh ya dari facebook, lhoh! Ahhhh.. fesbuk oh fesbuk

Sy sih tidak setiap waktu buka ig, Mom. Masalah teknis; sinyal di sini gak begitu kompak kalo buma ig. Hehe.. itulah mengapa hanya ada beberapa foto saja yang sy unggah. Di instagram sebenarnya banyak info menarik; tentang parenting, tips, ataupun life-style. Ehh.. banyak giveaway juga, lhoh! Tapi ya itu, untuk memuat tampilan perbaruan fotonya saja sudah begitu lama. Ahh!

5. i-saku
Hihi.. yang ini dompet digital, ya, Mom. Meskipun gak banyak saldonya, tapi lumayanlah buat ngejar diskon di indomar*t. Bukanya hanya pas ke indomar*t aja sihh. Atau kalo pas pengen tahu produk yang lagi promo, gitu!

6. Kamera
Sebenarnya sy sih tidak begitu dikit-dikit jepret. Tapi ternyata beberapa waktu belakangan sy tahu kalo momen penting itu jangan sampai terlewatkan disimpan di memori digital. Yes, penting. Tapi jangan sampai dwh foto-fotonya memenuhi memori da membuat hp overloaded ya. Salah satu caranya adalah dengan menyimpannya di google drive :)

7. Shopee
Yes, Mom. Yang suka online shop pasti punya akun di Shopee ya. Selain bisa memilih harga, lokasi, dan status toko online, ada berbagai promo yang bisa dimanfaatkan. Tapi ingat, lhoh, jangan mudah tergoda promo ya.

8. Wattpad
Sy suka membaca buku. Dan wattpad adalah salah satu aplikasi yang berisi berbagai bacaan gratis :) meskipun sy belum punya tulisan di wattpad, namun membaca beberapa tulisan teman ternyata banyak memberi inspirasi.

9. Whatsapp
Kalo yang ini sih sebenarnya tidak perlu sy perjelas ya. Hihi.. bunyi notif dikit aja pasti kita sudah langsung ambil hp. Isinya dari mulai obrolan penting sampai hanya kirim emot :)

10. Youtube
Nah.. yang ini baru untuk momong anak. Haha.. kadang sih. Kalo terpaksa ada pekerjaan penting dan Mas Fatan pengennya sama Ibuk e ini, ya sudah.. diklim aja youtube go trus nyari video Nussa dan Rara. Ini sangat tidak disarankan ya, Mom. Tapi kadang kalo kita jadi Mommy tuh terpaksa harus melakukan hal yang tak disarankan.

Well.. selain 10 aplikasi di atas tentu banyak pula yang biasanya digunakan. Apapun itu, semoga kita benar benar bijak memnggunakannya. Bisa menebar dan memetik manfaat. Dan tentunya bisa mengendalikan diri agar kita bukan termasuk 'gadget addict. Ingat ya, jangan sampai karena hp an kita melalaikan ibadah yang sesungguhnya: salat, tilawah, sedekah, dll. Semoga kita termasuk orang yang istiqomah dan berbuah kebaikan di bulan selanjutnya. Semoga kita bisa melaksanakan ibadah di bulan ini dengan istiqomah dan lancar. Aamiin. Happy fasting!

*tulisan ini diikutkan dalam blog challenge oleh #bloggerperempuan dalam #30HariKebaikanBPN
#RamadhanHari ke 20
*ini tulisan tema kemarin, heu.. ada kendala teknis baru bisa posting hari ini.
~from Rumah Teduh with Luv

0 komentar:

Posting Komentar

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!