Hujan

Jumat, 24 Mei 2019

Amalan di Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

***

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan istimewa yang pasti sudah begitu banyak diketahui kebaikannya bagi ummat Islam. Bulan Ramadhan ada bulan berpuasa, bulan penuh kebahagiaan, bulan ibadah, dan bulan penuh hikmah. Saat Ramadhan, kebaikan yang dilakukan seseorang akan dilipatgandakan pahalanya. Saat bulan Ramadhan, tidur pun dibalas dengan pahala (tentu saja tidurnya orang yang berpuasa). Saat bulan Ramadhan, bau mulut orang yang berpuasa menurut Allah akan lebih harum daripada bau misik. Saat bulan Ramadhan, ampunan Allah seakan mengalir terus untuk hambaNya yang memohon. Secara lengkap tentang istimewanya bulan Ramadhan bisa dibaca di sini.

Sebegitu istimewanya Bulan Ramadhan, maka sayang sekali, kan, jika dilewatkan hanya dengan menahan lapar dan dahaga saja? Alangkah baiknya jika selama bulan Ramadhan ini kita mengisi dengan berbagai kegiatan positif yang tentunya semua karena Allah. Lantas, amalan apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut ini adalah beberapa amalan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan.

1. Bangun untuk sahur

Sahur adalah hal sunnah yang di dalamnya penuh keberkahan. Begitu anjurkannya seorang yang berpuasa untuk makan sahur dan mengakhirkannya. Hikmah dari makan sahur tentu adalah kebaikan diri secara fisik sehingga seseorang bisa kuat berpuasa

2. Memperbanyak membaca al Quran

Ramadhan adalah syahrul Qur an; bulan di mana Al Qur an diturunkan. Banyaknya seseorang yang tadarrus al Qur an dan berbondong untuk menghafalkannya serta mengkhatamkannya di bulan Ramadhan adalah merupakan tanda bahwa istimewa sekali membaca Al Qur an di bulan Ramadhan

3  Memperbanyak beramal shalih

Beramal shalih atau berbuat kebaikan di bulan Ramadhan memang dijanjikan dengan pahala berlipat ganda. Jika berbuat baik di bulan selain Ramadhan saja begitu disukai oleh Allah, apalagi dilakukan di bulan Ramadhan. Amal shalih tersebut bisa termasuk memberikan sedekah, mengeluarkan infaq, menolong muslim yang lainnya, dsb.

4. Memperbanyak ibadah kepada Allah

Ada ibadah yang hanya bisa dilaksanakan saat Ramadhan. Misalnya: salat tarawih. Maka, begitu rugi jika seseorang meninggalkan salat tarawih yang hanya ada di bulan Ramadhan.

Ibadah lainnya berupa salat sunnah (dukha, tahajjud, qiyamul lail saat mencari lailatul qadr, dsb).

5. Membayar zakat

Zakat yang wajib dibayarkan adalah zakat fitrah. Tentang penjelasan zakat fitrah ada di postingan sy berjudul Menjadi Dermawan di Bulan Ramadhan

Ya, itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan. Ada yang khuaus dilaksanakan di bulan Ramadhan dan ada yang bersifat umum. Bagaimana pun, amalan tersebut adalah karena Allah dan membuat hubungan antara Tuhan dengan manusia baik serta hubungan manusia dengan manusia juga menjadi baik.

*tulisan inidiikutkan dalam blog challenge oleh #bloggerperempuan dalam #30HariKebaikanBPN

#RamadhanHarike 19

~from Rumah Teduh with Luv

0 komentar:

Posting Komentar

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!