Hujan

Rabu, 16 Maret 2011

Ngapain Takut English?

Well, siapa bilang belajar English itu sulit?
Pernah dengaer istilah language is a habit? Nah, itu dia. bahasa adalah sebuah kebiasaan. Begitu juga dengan English. Kalo udah terbiasa menggunakan (baik secara lisan, tulisan, ataupun mendengarkan), maka English tak akan sesulit yang pernah dibayangkan.

Gak percaya?
Buktiin aja!! ^^v


Berdasarkan pengalaman, ada beberapa hal yang sy rasa membuat belajar English  lebih mudah. Pengen tau juga? Ehm.. boleh, lah. J kali aja juga pas buat Temans semua.

So, check these out, Pals!!
  1. Love English!
Yupz.. Cintai English. Kan ada, tuh, pepatah yang bilang ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’. That’s why, biar bisa sayang ‘n akhirnya ngebuat demen belajar English, kita harus tanamkan rasa cinta pada English sedini mungkin Hehe.. romantis, kan?? Eitz.. kalo udah cinta, percaya deh.. belajar English gak bakal nyeremin ‘n ngebosenin!.

What? Gak suka English? Hadeehh.. paksa, dong!! Apalagi buat Temans yang masih sekolah. PAKSA!! Harus dipaksain!! Biar kata gak ada paksaan dalam cinta, tapi kalo untuk belajar English, harus dipaksain cz English tuh udah jadi menu harian di setiap sekolah. Dari mulai pre-school sampe senior high school bahkan university udah nyisipin English dalam compulsory lessonnya.

Eh, jangan sampe frustasi trus mikir gini: ‘ngapain belajar English? Gak bakal idup di Inggris juga!1’.

OMG!! Hari gini masih kepikiran kayak gitu? ENGGAK banget, deh!! Desperate banged, sii!!

Udah dibilang, belajar ‘n cinta English tuh gak susah, lho.. Where there is a will there is a way.

  1. Make habit!
Balik seperti kata-kata sy di awal. Language is a habit. Biasakan menggunakan percakapan ato tulisan dan mendengarkan lagu-lagu ato conversation in English. He.. gak perlu takut dibilang sok British, lah!! Gak ada hubungannya kok antara ngebiasain English dengan sok British.

Kalo soal tulisan, sy membiasakan nulis diary dengan pake English. Beneran aman, tuh!! Gak bakal ada yang protes tentang grammar ato vocab. Tapi tentu aja gak boleh sembarangan. Mentang-mentang diary itu private, eh.. malah nulisnya asal-asalan. Gak keren, ah!! Jadi, usahain juga menggunakan grammar yang tepat dan vocab yang beragam. Btw, nih gak berarti kudu siapin buku Betty pas lagi ngisi diary, lho.. tapi, selalu menerapkan grammar yang tepat yang telah dipelajari. Baik di tempat kursus ato sekolah.

Membaca bacaan English juga membantu memperkaya vocab. Ingat, vocab tuh gak jatuh dari langit. Jadi harus diusahain dong biar bisa kaya vocab.

Oke, emang mungkin perlu siapin kamus. Tapi gak masalah, kan!! Kalo untuk pemula, sebaiknya baca buku-buku ringan aja. Yang penting terbiasa baca bacaan in English. Lama-lama pasti lebih mudah buat baca bacaan yang agak ‘berat’.

Next, percaya gak kalo ngedengerin lagu-lagu in English ­membiasakan telinga kita dan secara otomatis mulut kita untuk bisa komat-kamit in English? sy percaya. Udah terbukti, nih!! Salah seorang teman sy yang jurusan Ekonomi jago banget nyanyi lagunya Avril gara-gara dia selalu muter satu album Avril buat nemenin ngetik tugas ato ngegame. Ckck.. sumpe, deh!!

Biasain pula ngedengerin film-film (hehe.. sambil nonton, gitu!!) yang pake English. Lama-lama dan lamat-lamat, kita bisa niru sepatah dua patah kata, kan lumayan, euy!!

Eh, panjang amat, yak? Hehe.. intinya..biasain, deh!!

Anyway, yang paling gampang, speaking English bareng teman dan smsan pake English. Gak perlu yang complicated, awali dengan yang simple. Such as: Thank you, u’re welcome, sorry, never mind, asap-as soon as possible-, otw-on the way-, etc-de el el. Hehe.. banyak, kan?

  1. Take notes!
Yupz.. jadi kalo bisa, usahain bawa notebook (hee.. bukan leppy, lho!! Tapi buku catatan kecil) ‘n pulpen kalo lagi di mana-mana. *halah!!* maksudnya gini, usahain ngantongin not book ‘n pulpen (yang mini) pas lagi jalan-jalan ato maen.

Buat apa? Oke..oke sy jelasin. Buat nulis daftar belanjaan!! Haha.. ya, enggaklah. Kan ini lagi dalam rangka memperkaya vocab. Jadi notebook itu buat nyatet vocab yang tba-tiba nongol di jalan. Hihi.. nongol?! :P

Kan lumayan juga, jadi kayak punya kamus mini, gitu, deh!!

Pokoknya, kalo ada vocab yang penting, keren, trus biasa dipake, langsung tulis! Ingat, gak usah nunggu besok, bulan depan, ato tahun depan. Langsung TULIS.

Do you understand?? *suara lamat-lamat dan serenmtak* yess!! I do

  1. Be confidence!
Kayak jargon iklan, ya? Hahay.. Pede! Gak usah takut salah selama ngelakuin hal yang bener. (belajar English itu bener, kan??) Kalo misalnya ternyata pronunciation pas speaking kok jleb jleb njlimat-njlimet gak jelas, gak usah malu, nangis, trus nyerah ‘n gak mo speaking English. Haduh!! Udah gak jaman, kalo nyerah cz masalah kayak gitu, ma!!

Lanjutkan!! Kan kalo udah tau salah, kita bakalan tau juga yang musti dibenahin. Nah, kalo udah tau mana yang bener, kita gunain tuh yang udah bener. Jangan sampe, udah tau salah tapi nekat ‘n tetep keukeuh pake English kita yang salah itu!! Hadeehh.. jangan sampe kayak gitu!!

Kalo nulis trus salah, juga gak usah malu kalo ada yang ngebenerin! Pede aja! Namanya juga still in progress buat jago English. Harus lapang dada menerima saran ‘n kritik, dong!!

Ok!!
Be confidence, ya?!

  1. Practice! More ‘n more!
Nah, yang terakhir! Pernah denger practice makes perfect? Kalo belom, tuh udah kan? Hehe..

Yoi!! Latihan dan latihan terus. Gak usah sok udah pinter banget ‘n gak mau latihan lagi. Belajar itu dari mulai buaian bunda sampe liang lahat. *lhoh!!* hehe^^v

Intinya, tetep open minded. Belajar terus dan cari sumber yang bener buat dijadiin acuan..emm, guru, gitu!!

Belajar gak cuman di sekolah, lho.. di mana aja kalo ada yang bisa buat belajar, belajar aja!! Bisa dari buku, orang laen, rumput yang bergoyang..*hehe.. kidding!!.

Yang jelas, cari sebanyak dan se-oke- mungkin sumber belajar. Gak usah malu bertanya selama gak malu-maluin. ^^

Ato mo belajar lebih serius dan berkompenten? Bisa.. klik aja. Rumah Bahasa Online. Tuh bisa jadi sarana pembelajaran English yang oke, lho!!


Nah, kan.. berani nyoba?? Belajar English bisa menyenangkan, lho!! So, ngapain takut English?

0 komentar:

Posting Komentar

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!