Hujan

Sabtu, 18 Mei 2019

Mom, Lindungi Anakmu dari Gaya Rambut yang Dilarang Nabi!

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

***

Bahkan, putra pertama sy yang berusia belum genap tujuh tahun sudah sangat care terhadap rambutnya.

Well, benar sekali, Mom. Emang udah jamannya; jaman now! Ketika anak-anak semakin lincah dan melek teknologi. Maka, urusan potong rambut pun kadang adalah pilihan mereka. Yes. Tak lagi seperti zaman dahulu ketikan seorang anak manut apa kata orang tua. Sekarang, mereka lebih pandai berinisiatif dan berpendapat serta memutuskan mana yang -menurut mereka- tepat dengan mereka sendiri.

Oke. Kembali ke judul postingan kali ini, Mom. Pasti sadar tidak sadar kita harus mengakui bahwa anak-anak kita adalah digital native yang sudah tak asing lagi dengan berbagai kemajuan di zaman ini. Informasi yang sebegitu cepatnya sampai ke mereka mau tak mau memengaruhi mereka; entah berupa pemikiran, gaya hidup, habit, dan.... gaya rambut *haha..nyambung gak, sihh? Ya wes lahh.. lanjut yak!!

Gaya rambut merupakan bagian penting dari style anak jaman now. Apalagi anak lelaki yang notabene lebih leluasa menata rambut mereka ketika anak perempuan sudah dibiasakan berhijab sejak dini. Kalau anak perempuan, gaya rambut yang begitu beragam tak akan berpengaruh banyak pada perubahan rambut mereka *ehh.. complicated gak, sih, maksud sy inihh? :D dan anak lelaki tak beda jauh sebenarnya. Ketika mereka sudah bisa memilih model rambut ketika bercukur atau ke barbershop, maka pasti kebanyakan dari mereka akan memilih yang sedang tren saat ini. Dan salah satunya adalah model rambut bercukur sebagian dengan pelontos sementara sebagian lainnya dibiarkan saja rambut yang tumbuh tersebut. Maka hal itulah yang disebut Qaza'. Maka dalam sebuah hadits diriwayatkan dari Nafi’ rahimahullah (salah seorang ulama dari kalangan tabi’in), dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنِ الْقَزَعِ

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.”

Perawi yang meriwayatkan hadits ini dari Nafi’ bertanya kepada Nafi’, “Apa itu qaza’?”

Nafi’ berkata,

يُحْلَقُ بَعْضُ رَأْسِ الصَّبِيِّ وَيُتْرَكُ بَعْضٌ

“Dicukur habis (dipelontos) sebagian rambut kepala anak kecil, dan dibiarkan sebagian yang lain.” (HR. Bukhari no. 5921 dan Muslim no. 2120)

Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/9865-parenting-islami-30-larangan-mencukur-rambut-dengan-model-qaza.html

Ya. Pasti Mommy sudah tahu kan model rambut tersebut. Meskipun anak kita mengatakan bahwa gaya rambut seperti itu adalah kekinian, tapi pastikan kita melarang mereka, ya. Melarang dan mengarahkannya agar mereka pun mengerti jika dalam Islam, gaya rambut qaza' dilarang. Ah, masih banyak kan gaya rambut yang lebih stylish dan membuat anak-anak menjadi keren. Gaya rambut yang sesuai dengan anak adalah gaya rambut yang pas dengan kepala dan bentuk wajah mereka. Gaya rambut yang rapi dan tentu saja enak dipandang.

Mom, menjadi Ibu memang kadang kita harus melek informasi agar tak kalah sama anak-anak kita. Eh, bukannya maksud tak kalah di sini adalah kita harus menang lhoh, ya.. tapi kalah dalam artian kita tidak ketinggalan info dan menjadi mudah 'diakali' anak. Karena itu, hayuk, dah, kita belajar selalu agar tetap menjadi obu yang smart ya.

Semoga di bulan yang penuh kebaikan ini, kita juga belajar banyak hal, ya! Keep beimg strong n smart, Mommy!!

*tulisan ini diikutkan dalam blog challenge oleh #bloggerperempuan dalam #30HariKebaikanBPN

*Ramadhan Hari 13

~from Rumah Teduh with Luv

2 komentar:

  1. Kalau libur sekolah, disini banyak yang potong aneh2 mbak. Biasanya sampai rumah dimarahi orang tua.:)

    Suka heran Kalau yang di potong kekinian anak bayi, kok anaknya bisa anteng ya? Soalnya anak saya kalau di potong tolah-toleh ngikutin suara alat potong rambutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa. Sy suka tanya anak-anak yang model potongannya kayak gitu apa gak dimarahi di sekolah? Dan jawab mereka, mumpung libur, Bu! Duhhh.. anak jaman now.

      Dan anak sy juga tipe yang injit-injit geli kalo dipotong rambutnya, mbak.. hihi.. jadi sy harus nunggu dan nyupport kalo lagi potong rambut.

      Oh ya..makasih udah baca ya, Mbak :)

      Hapus

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!