Hujan

Senin, 14 September 2009

Cerita siang ini

Ada yang menggelitikku saat aku mencoba untuk tak hanya memainkan peranku dalam drama kehidupan ini. Tapi sedikit lebih jauh, aku mencoba menjadi pengamat (amatir) kehidupan sekitar. Mencoba secara implisit mencampuri urusan orang. Seperti halnya siang ini, …..

Bukan hal yang aneh memang, melihat warteg, resto, café, RM, angkringan, ato sejenisnya masih buka di siang hari bulan Ramadhan.
Bukan hal yang ajaib pula kalau beberapa gelintir manusia juga masih antri memesan semangkuk bakso, sepiring tahu campur, sebungkus cilok, segelas teh, secangkir kopi, ato bahkan dengan lahapnya mengulum es krim cone di pinggir² jalan.

Tapi ternyata bagiku, yang tiba² jadi pengamat (amatir) kehidupan sekitar, hal itu benar² aneh dan ajaib. Tahu mengapa?

Pertama. Saat kulihat seorang ibu (berbusana muslimah pula), dengan lahapnya, makan dengan putranya (kutaksir usianya sekitar 10 tahun-an) di sebuah warung bakso di depan sebuah pusat perbelanjaan di tengah kota. Dengan berkhusnudzon, aku berfikiran mungkin saja ibu itu berhalangan. Tapi kemudian aku berfikir lagi. Mengapa ibu itu harus makan di tempat umum di siang hari bulan ramadhan BERSAMA PUTRANYA. Seharusnya, pikirku, ibu itu mengajarkan putranya untuk berpuasa. Karna bagaimanapun pendidikan ritual beribadah bukan hanya diajarkan secara teori di sakolah. Tapi juga dipraktikkan di lingkungan rumahnya. Atau setidaknya, si ibu itu bisa bertoleransi (atau mungkin bisa lebih malu) untuk melakukan tindakan tersebut. Nah, aneh bukan, drama kehidupan zaman sekarang?

Kedua. Masih di hari ini. Di sekitar pusat perbelanjaan tengah kota juga. Kulihat seorang remaja yang dengan WAJARnya mengulum es krim cone sambil berbelanja busana lebarannya. Bagiku, hal ini sungguh ajaib. Sekali lagi sebuah toleransi harus kembali dipertaruhkan.

Dan tentunya, banyak hal sejenis yang aneh dan ajaib lain yang terjadi di sekitar kita. Yang menyebabkan kita, mau tak mau, menjadi berburuk sangka. Kalau sudah begini, kita dan mereka, masih pantaskah merayakan hari kemenangan? Semoga masih……….



D’s Lovely Room, September 13th 2009. 10.00pm

0 komentar:

Posting Komentar

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!