Hujan

Sabtu, 01 Juni 2019

Mengisi Waktu Saat Puasa

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

***

Saat puasa adalah saat di mana kita harus bisa mengendalikan diri dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkan puasa. Selain itu, kita juga diharapkan bisa mengendalikan diri dari segala hal yang sia-sia; baik itu terhadap fisik kita maupun terhadap batin kita.

Secara fisik  kita melakukan aktivitas fisik secara berlebih. Nah kan, tentu hal tersebut akan melelahkan dan membuat tenaga kita mudah terkuras, lelah, haus, dan lapar. Secara batin misalnya kita melakukan sesuatu yang tercela; misalnya ghibah atau membicarakan aib orang lain, marah-marah, atau pun hal lain yang dilarang agama. Meskipun tidak membatalkan puasa namun sayang kan jika puasa kita hanya haus dan lapar saja tanpa pahala?

Yes, menyiasati hal tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa aktivitas yang bisa digunakan untuk mengisi saat berpuasa antara lain;

1. Membersihkan rumah

Oke. Ini mungkin akan sedikit membuat kita mengeluarkan keringat, namun membersihkan rumah dengan tenaga yang dihemat tentu tak apa kan? Well, momen Ramadhan adalah momen jelang lebaran yang biasanya akan identik dengan teman dan kerabat yang anjangsana
Maka rumah bersih adalah keharusan. Hihi.. gak mau kan jadi bahan olokan karena rumah kotor?

2. Bermain sambil belajar

Saat puasa dan sudah liburan bagi seorang ibu bekerja adalah termasuk momen langka yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin momen tersebut untuk digunakan bersama anak anak. Supaya lebih bermanfaat, kita bisa mengajak anak belajar sambil bermain.

3. Membuat Kue Lebaran

Hihi.. ini seakan menjadi aktivitas wajib saat puasa. Membuat berbagai kue kering untuk lebaran bisa menjadi aktivitas mengasyikan lhoh. Anak-anak menjadi lebih kreatif.

4. Shopping

Haha. Ini juga yang bisa dilakukan di bulan puasa untuk menyambut lebaran. Kita bisa mencarikan baju baru, dll.

5. Perbanyak ibadah

Ini selain menenangkan juga berpahala. Lakukan bersama anak-anak untuk mengajari mereka tentang ibadah di bulan puasa

Nah, Gaes! Itu tadi berbagai pilihan hal bermafaat yang bisa dilakukan saat pussa.

*tulisan ini diikutkan dalam blog challenge bersama #bloggerperempuan dalam #30HariKebaikanBPN

#RamadhanHari ke 26
~from Rumah Teduh with Luv

0 komentar:

Posting Komentar

hey, whoever are you, you can give comment to my writing. just enjoy giving me comment as long as it can be usefull for me. so, just be my on line's friends!!